Akademi Angkatan Laut
DISIPLIN - KEBANGGAAN - KERJA KERAS - KERJA CERDAS

TARUNA AAL TINGKAT III TINGGALKAN AUCKLAND MENUJU BRISBANE

Sebanyak 103 Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat III yang tengah melaksanakan Latihan dan Praktek Pelayaran Kartika Jala Krida dengan menggunakan KRI Banda Aceh-593, kini berada di Pacifik Ocean dalam rangka pelayaran dari Auckland, New Zealand menuju Brisbane, Australia, pada hari Rabu (23/11). Ratusan Warga Negara Indonesia yang tinggal di Auckland menyaksikan keberangkatan Taruna dan Taruni AAL angkatan ke-63 tersebut pada saat bertolak dari pelabuhan Queen,s Wharf.

231116-new-zealand

“Peran Parade” segenap Taruna dan Taruni  AAL di KRI Banda Aceh-593 menambah keharuan masyarakat yang sangat terkesan terhadap penampilan Taruna AAL selama berada di Auckland dalam rangka mengikuti “Mahi Tangaroa Exercise International Naval Review” ke-16 dan sekaligus memperingati HUT Angkatan Laut New Zealand ke-75.

Selama berada di Auckland, Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL mengikuti Kirab Kota yang mengambil star di dermaga  Queen,s Wharf Auckland melalui sepanjang Jalan Quay St sejauh dua kilometer dengan finish di Viaduct Event Center, Auckland. Melihat sambutan luar biasa dan antusiasme masyarakat Auckland dan sekitarnya, Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL melaksanakan display dua kali di lokasi yang sama. Pada kesempatan tersebut, Taruna AAL juga menampilkan hiburan lagu-lagu tradisional Indonesia dan mempromosikan pariwisata “Wonderful Indonesia”.

Kunjungan Taruna AAL ke New Zealand dan Australia dalam rangka Latihan dan Praktek pelayaran Kartika Jala Krida  dengan menggunakan KRI Banda Aceh-593. Sebelumnya, Lattek Kartika Jala Krida yang dipimpin Kepala Operasional Pengajaran AAL Kolonel Laut (P) Arif Budiman, singgah di Sydney selama tiga hari dan bertolak melanjutkan pelayaran panjang menuju Auckland Baru bersama KRI Banda Aceh-593 yang dikomandani Letkol Laut (P) Budi  Santosa, kini dalam perjalanan menuju Brisbane, Australia.

Sementara itu, sebanyak 96 orang Taruna dan Taruni AAL tingkat IV yang tengah melaksanakan Latihan dan Praktek Jalayudha dengan menggunakan KRI Ki Hajar Dewantara-364 dan KRI Teluk Mandar-514 tiba pelabuhan Batu Ampar, Batam setelah berlayar dari Sabang, Provinsi Aceh.

Lattek Jalayudha merupakan latihan puncak Taruna AAL selama satu bulan yang dimulai pada tanggal 28 Oktober 2016,telah melintasi Laut Jawa dan berkunjung ke sejumlah kota seperti Jakarta, Lampung, Dumai, Sabang. Selanjutnya akan berlayar menuju Belawan, Batam, Bangka Belitung dan kembali ke Surabaya. Berbagai serial latihan telah dijalani dengan baik antara lain peran tempur bahaya umum, peran tempur bahaya permukaan, peran tempur bahaya udara, peran tempur bahaya bawah permukaan, dan berbagai peran lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *