Akademi Angkatan Laut
DISIPLIN - KEBANGGAAN - KERJA KERAS - KERJA CERDAS

TARUNA AAL KEMBALI BERLAYAR BERSAMA KRI DEWARUCI

Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., melepas keberangkatan Taruna AAL tingkat II angkatan ke-64 Korps Pelaut untuk melaksanakan latihan dan praktek pelayaran Navigasi Astronomi dengan menggunakan kapal layar tiang tinggi atau tall ship KRI Dewaruci di dermaga Madura Koarmatim Ujung, Surabaya, Senin (17/4). Pada kesempatan tersebut juga hadir Komandan Guskamlatim Laksma TNI I.N.G. Sudihartawan,S.Pi.,  dan para pejabat utama AAL.

Latihan dan praktek pelayaran Navigasi Astronomi diikuti 40 Taruna AAL Korps Pelaut selama sepulu hari dan akan menempuh rute Surabaya – Lampung – Surabaya. Selama pelayaran akan mempraktekkan beberapa materi pelajaran yang telah diterima di kelas, antara lain menghitung waktu sunset, sunrise, moonset, dan moonrise, merencanakan bestek tiga bintang, menghitung gyro, dan menghitung posisi astronomi.

Dalam arahannya, Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M. menyampaikan bahwa, pelayaran Navigasi Astronomi ini merupakan praktek yang sesungguhnya, agar para Taruna dan Taruni dapat melaksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh. Latihan ini merupakan salah satu persiapan dalam rangka mengikuti pelayaran Kartika Jala Krida dari Spanyol ke Indonesia. Dengan demikian, para Taruna dan Taruni belajar dan berlatih dengan baik.

Selain itu, para Taruna dan Taruni juga akan melaksanakan courtesy call kepada Gubernur dan Kapolda Lampung, Komandan Korem 043/Garuda Hitam Lampung,  Komandan Brigif 3 Marinir dan Komandan Lanal Lampung serta mempromosikan TNI AL umumnya dan AAL pada khususnya di sejumlah SMA di Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *