Akademi Angkatan Laut
DISIPLIN - KEBANGGAAN - KERJA KERAS - KERJA CERDAS

GUBERNUR AAL PIMPIN UPACARA HARI SUMPAH PEMUDA KE-89 TAHUN 2017

Gubernur Akademi Angkatan Laut (Gubernur AAL) Laksamana Muda TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M. bertindak selaku Inspektur Upacara pada upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-89 Tahun 2017 di Lapangan Arafuru, Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya, Sabtu (28/10).

Upacara dilaksanakan oleh Prajurit dan Aparatur Sipil Negara (ASN) serta Taruna Akademi Angkatan Laut dan dihadiri Wakil Gubernur AAL Brigjen TNI (Mar) Suhono, para Pejabat Utama dan Kasatker Akademi Angkatan Laut. Dalam upacara yang berlangsung khidmat ini dibacakan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara yang ditirukan oleh segenap peserta upacara, pembacaan pembukaan UUD 1945, pembacaan Ikrar Sumpah Pemuda dan do’a.

Pada upacara tersebut, Gubernur AAL Laksda TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M. membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi yang menyatakan pada delapan puluh sembilan tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928, sebanyak 71 Pemuda dari seluruh penjuru tanah air  berkumpul di sebuah gedung di Jalan Kramat Raya, daerah Kwintang, Jakarta,  mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia. Ikrar ini nantinya, tujuh belas tahun kemudian melahirkan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945.

Dalam amanatnya, Menpora RI Imam Nahrawi juga mengutip pesan Presiden RI yang pertama Ir. Soekarno yaitu “Jangan mewarisi abu Sumpah Pemuda, tapi warisilah api Sumpah Pemuda, kalau sekedar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air, tapi ini bukan tujuan akhir”. Pesan ini sangat mendalam khususnya bagi generasi muda untuk tetap menyalakan api semangat Sumpah Pemuda untuk berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *