Akademi Angkatan Laut
DISIPLIN - KEBANGGAAN - KERJA KERAS - KERJA CERDAS

KASUM TNI BUKA KEJURNAS ATLETIK PIALA PANGLIMA TNI TERBUKA 2017

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik Piala Panglima TNI Terbuka Ke-5 Tahun 2017 secara resmi dibuka oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksamana Madya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A.,M.B.A. di Stadion Atletik THOR Surabaya, Jl. Padmosusastro, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (01/11). Hadir dalam upacara pembukaan tersebut pejabat Utama Mabes TNI dan pejabat Kotama TNI Wilayah Surabaya. Upacara pembukaan ini dimeriahkan dengan penampilan Genderang Suling Gita Jala Taruna Akademi Angkatan Laut.

Sebagai penanggung jawab kegiatan yaitu Gubernur Akademi Angkatan Laut  Laksamana Muda TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M. sedangkan Ketua Penyelenggara kegiatan yaitu Kepala Departemen Jasmani Akademi Angkatan Laut  (Kadepjas AAL) Kolonel Marinir Drs. Sony Kunila.

Kejurnas Atletik Piala Panglima TNI Terbuka ke-5 Tahun 2017 ini dilaksanakan dari tanggal 1 s.d. 3 November 2017 dengan menggunakan Peraturan Perlombaan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) atau International Association of Athletics Federations(IAAF) Handbook Edisi 2016-2017 yang disesuaikan kondisi setempat.

Dalam amanat Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang dibacakan Kasum TNI mengatakan ada tiga substansi pokok pada aspek pembinaan yang mampu menjadikan bangsa Indonesia kuat, sehat dan bermartabat yaitu pembinaan olah raga prestasi, pembinaan olahraga pendidikan dan pembinaan olah raga rekreasi yang ketiganya memiliki dimensi diplomatis, ekonomis dan dimensi sosial termasuk didalamnya dimensi bela negara.

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan agar para atlet dan official harus dapat menampilkan prestasi terbaiknya dengan melahirkan atlet-atlet muda berprestasi. Jadikan atletik bagian dari kehidupan untuk emas. Karena dihadapan para atlet dan official sekalian telah menanti PON ke-20 dan Asian Games tahun 2018.

Kejurnas Atletik Piala Panglima TNI Terbuka ke-5 Tahun 2017 diikuti oleh 397 orang atlet dari 48 kontingen terdiri dari Kontingen TNI (PAAD, PAAL dan PAAU), Kontingen Polri, Kontingen Kotama TNI, Pengprov PASI dan Pengkab/Kota PASI se-Indonesia, Kontingen Pusat Pendidikan Latihan Pelajar (PPLP) serta Kontingen dari Klub-klub Atletik se-Indonesia. Pada Kejurnas Atletik melibatkan official 30  orang, wasit dan juri 15 orang serta petugas lapangan 135 orang.

Adapun materi lomba sebagai berikut: Nomor Lomba Putra dan Putri, yaitu lari 100, 200, 400, 800, 1.500, 5.000 dan 10.000 meter, nomor lomba lari 110 M Gawang Putra dan 100 M Gawang Putri, 400 M Gawang, 3000 M Stc, 4 x 100 M Estafet, 4 x 400 M Estafet, Lompat Jauh, Lompat Jangkit, Tolak Peluru dan Lempar Lembing untuk Nomor Putra dan Putri.

Usai upacara pembukaan, perlombaan diawali dengan Nomor Lomba 5.000 meter Putra yang diikuti 23 atlet. Dalam nomor ini keluar sebagai Juara I yaitu Agus Prayogo, nomor dada 292 dengan waktu 14:55.76 dari Persatuan Atletik Angkatan Darat (PAAD) Bandung berhak meraih Medali Emas, Sertifikat dan uang pembinaan tiga juta rupiah,  sedangkan keluar sebagai Juara II yaitu Ridwan, nomor dada 258 dari PASI Nusa Tenggara Barat dengan waktu 15:00.58 berhak meraih Medali Perak, Sertifikat dan uang pembinaan dua juta rupiah dan keluar sebagai Juara III yaitu Syamsudin, nomor dada 113 dari Kodam XIV Hasanudin dengan waktu 15:33.78 berhak meraih Medali Perunggu, Sertifikat dan uang pembinaan satu juta rupiah. Masing-masing medali dan hadiah diserahkan oleh Kasum TNI Laksamana Madya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A.,M.B.A.

Kemudian perlombaan dilanjutkan pada Nomor Lomba 5.000 meter Putri yang diikuti 4 atlet. Keluar sebagai Juara I yaitu Serda Bek Aprilia Kartina, nomor dada 139 dengan waktu 18:53.78 dari Persatuan Atletik Angkatan Laut (PAAL) Lantamal II Padang berhak meraih Medali Emas, Sertifikat dan uang pembinaan tiga juta rupiah,  sedangkan keluar sebagai Juara II yaitu Diptasari Septiana, nomor dada 53 dari Kodam IV Diponegoro dengan waktu 19:29.37 berhak meraih Medali Perak, Sertifikat dan uang pembinaan dua juta rupiah dan keluar sebagai Juara III yaitu Veronica Aileen, nomor dada 342 dari PPOP DKI Jakarta dengan waktu 21:05.35 berhak meraih Medali Perunggu, Sertifikat dan uang pembinaan satu juta rupiah. Masing-masing medali dan hadiah diserahkan oleh Kapusjaspermildas TNI Brigjen TNI Dedy Kusmayadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *